In House Training “Implementasi Kurikulum Merdeka”

Selasa, 14 Juni 2022

Dilansir dari uraian Official Website, Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.
 
Dalam proses pembelajaran guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.
 
Di dalam kurikulum ini terdapat projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila. Dimana dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah.

Pada hari ini tanggal 14 Juni 2022, SMAN 1 Genteng mulai menyelenggarakan In House Training sebagai upaya adaptasi dan pelatihan dalam menyiapkan aktualisasi Kurikulum Merdeka pada semester yang akan datang. Sebagai sekolah yang akan menerapkan Kurikulum Merdeka, tentunya banyak hal yang perlu dipersiapkan, karena seperti yang kita ketahui bahwa sebelumnya SMAN 1 Genteng menerapkan kurikulum 2013.
Kegiatan ini merupakan tahap awal yang dipastikan dapat mengantarkan pada aktualisasi Kurikulum Merdeka yang sebenarnya pada masa mendatang. Dalam kegiatan ini terdapat beberapa narasumber, diantaranya Bapak Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Bapak Drs. Istu Handono, M.Pd., Pengawas Wali SMAN 1 Genteng Bapak Kasmuri, S.Pd., M.Si., serta Kepala SMAN 1 Genteng Bapak Suprijanto, S.Pd.
Terkait kegiatan ini, mengingat padatnya materi serta praktik yang akan dikerjakan, maka dari itu penyelenggaraanya diestimasikan berlangsung dalam 3 hari kerja, mulai tanggal 14 sampai 16 Juni 2022. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan memberi manfaat yang diharapkan untuk penerapan Kurikulum Merdeka mendatang di SMAN 1 Genteng.
In House Training “Implementasi Kurikulum Merdeka”